Tiga Olahan Sehat dari Jagung Segar

cari tahu semua
0
Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

doktersehat-jagung

DokterSehat.Com– Kerap dianggap sebagai sayur, namun ternyata kandungan gizi yang paling tinggi pada jagung adalah karbohidrat, lho.

Tak heran jika jagung termasuk dalam golongan sumber karbohidrat dalam Pedoman Gizi Seimbang Kemenkes RI serta jagung digolongkan sebagai sayur yang berkarbohidrat oleh berbagai asosiasi kesehatan dan gizi dunia.

Nah, agar manfaat dari konsumsi jagung bisa maksimal, maka kita perlu tahu bagaimana cara mengolah dan menyajikan jagung yang tepat. Hal ini tentunya harus dilakukan dengan melihat kandungan gizi makanan lain yang akan kita olah, ya. Beberapa contoh olahan sehat dari jagung adalah:

1. Salad sayur dengan jagung dan daging ayam

Olahan yang satu ini mudah dibuat dan bergizi lengkap. Buatlah salad dengan bahan baku sayur berdaun hijau, seperti bayam, selada, atau kubis. Tambahkan potongan daging ayam rebus tanpa lemak lalu tambahkan jagung pipil yang sudah direbus atau panggang.

Kombinasi tersebut telah memenuhi kebutuhan karbohidrat, protein dan serat, kan? Jangan lupa tambahkan dressing dari minyak nabati secukupnya, ya.

2. Stik daging dengan jagung

makan-daging-ayam-doktersehat
Bosan mengonsumsi stik dengan mi atau kentang? Kini gantilah sumber karbohidrat pada olahan stik dengan jagung. Dua sampai tiga buah jagung ukuran sedang bisa menjadi pengganti satu centong nasi.

Pipil jagung dan sajikan bersamaan dengan stik daging dan sayuran mix seperti wortel dan buncis. Sama seperti olahan pada poin sebelumnya, kombinasi makanan ini juga gizinya lengkap, kan?

3. Sup krim jagung dengan udang

sup-kental-doktersehat
Anda suka mengonsumsi sup krim jagung? Sup yang satu ini memang menjadi kesukaan banyak orang, ya. Buatlah sup krim jagung dari kaldu alami yang rendah lemak, campurkan jagung yang dihaluskan dan tambahkan jagung pipil untuk isi sup agar asupan karbohidrat lebih tercukupi. Tambahkan udang dalam sup, jangan lupa tambahkan sayuran seperti tomat atau wortel sebagai pelengkap sup ya.



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Posting Komentar

0Komentar

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*