Minum Air Garam Bisa Menurunkan Berat Badan?

cari tahu semua
0
Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

doktersehat-diet-lingkar-perut

DokterSehat.Com– Beberapa orang percaya bahwa minum air garam dapat meredakan sembelit, mengurangi kembung, atau membersihkan usus besar. Minum air garam menjadi lebih populer, tetapi ulasan beragam, dan obat rumahan ini bahkan dapat menimbulkan risiko kesehatan.

Menurut beberapa sumber, seperti dilansir dari Medical News Today, minum air garam dapat membantu menurunkan berat badan, melepaskan retensi cairan, atau memperbaiki pencernaan. Di sisi lain, tubuh mampu membersihkan dirinya sendiri tanpa bantuan membasuh atau mencuci.

Sebelum memulai metode detoksifikasi, penting untuk berbicara dengan dokter untuk melihat apakah minum air garam sesuai. Namun minum air garam bisa berbahaya bagi orang dengan kondisi medis yang ada.

Apakah minum air garam mengobati penyakit?

Mimun air garam digunakan untuk mengobati sembelit, kembung, dan untuk mendetoksifikasi usus besar selama program pembersihan secara cepat atau sejenisnya.

Para peminat mengklaim bahwa selama program detoks, seperti membuat jus, racun ditarik ke dalam usus besar dan memerlukan pengangkatan, yang dapat dilakukan dengan meminum air garam.

Peminat pembersihan usus menghubungkan masalah medis kronis dengan racun usus besar, oleh karena itu mereka merekomendasikan pembersihan usus besar untuk meningkatkan fungsi kekebalan dan tingkat energi.

Minum air garam sendiri seharusnya membantu usus besar dalam membersihkan kotoran dan racun dari tubuh, dan itu dianggap aman secara keseluruhan.

Namun demikian, ada beberapa komunitas medis yang memperingatkan terhadap praktik tersebut.

Risiko Minum Air Garam

garam-epsom-doktersehat

Ada beberapa efek samping yang menjadi serius meskipun fakta bahwa banyak peminat air garam melaporkan bahwa ada risiko minimal.

Efek samping yang umum termasuk gejala, seperti mual, muntah, dan kelemahan. Sementara potensi dehidrasi dan ketidakseimbangan elektrolit dapat menyebabkan gejala yang serius, termasuk:

  • Kejang otot
  • Kelemahan
  • Berkedut
  • Mati rasa
  • Kebingungan
  • Merasa lesu
  • Kejang
  • Epilepsi
  • Masalah jantung, termasuk perubahan tekanan darah dan detak jantung

Minum air garam bukan pilihan yang baik untuk semua orang, berkonsultasidengan dokter sebelum memulai minum air garam sangat penting. Sekali lagi, perlu diingat bahwa tubuh dapat membersihkan dan menyiram sendiri tanpa bantuan tambahan.

Mungkin disarankan bahwa mereka yang memiliki tekanan darah tinggi, masalah pencernaan, ginjal atau penyakit jantung, atau kondisi medis serius lainnya harus menghindari minum air garam dan membersihkan usus besar.

Minum air garam tidak boleh digunakan oleh wanita hamil atau menyusui atau anak-anak.

Menurut penelitian, ada keterbatasan jika ada bukti ilmiah untuk mendukung penggunaan air garam. Namun, ada banyak pengalaman pribadi yang dicatat di internet, membahas praktik dengan pembersih ini. Tetapi penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan kemanjuran dan keamanan pembersihan usus.

Cara Meminum Air Garam

Resep minum air garam yang umum melibatkan pencampuran garam tak beryodium dan air dengan:

  • Menambahkan 1 hingga 2 sendok teh garam yang tidak terionisasi, biasanya garam laut atau garam laut Himalaya merah muda, ke 1 liter air, dan aduk sampai larut
  • Minum campuran selama 5 menit atau lebih

Meminum air garam sering dilakukan dengan perut kosong, misalnya, hal pertama dilakukan di pagi hari, untuk menghasilkan beberapa gerakan usus sepanjang hari.

Jika seseorang mencoba pengobatan ini, mereka harus memastikan bahwa ada kamar mandi terdekat.

Alternatif Pengobatan

Perawatan harus diambil ketika mempertimbangkan pembersihan usus dengan obat pencahar, pil, teh, dan suplemen herbal lainnya. Ini biasanya tidak diatur oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA) dan tidak memiliki penelitian penting untuk mendukung penggunaannya. Beberapa mungkin, mengganggu obat tertentu atau memiliki efek samping yang serius pada beberapa orang.

Alternatif menggunakan air garam untuk menjaga kesehatan usus besar, ginjal, dan hati dapat meliputi:

  • Makan diet tinggi serat yang meliputi biji-bijian, buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan
  • Mengonsumsi suplemen serat untuk mengurangi sembelit
  • Menghindari dehidrasi dengan minum banyak air sepanjang hari
  • Membatasi konsumsi alkohol
  • Berhenti merokok
  • Berolahraga secara teratur
  • Menjaga berat badan yang sehat untuk tipe tubuh Anda

Membasuh usus dengan air garam untuk meredakan gejala sembelit, kembung, atau apa yang oleh beberapa orang digambarkan sebagai gejala fisik ‘beracun’. Namun, penting untuk diingat bahwa lebih banyak penelitian diperlukan di bidang ini untuk menentukan keamanan, kemanjuran, dan efek pada tubuh.

Tampaknya, dalam banyak kasus, minum air garam relatif aman, tetapi ini tidak berlaku untuk semua orang. Mereka yang memiliki tekanan darah tinggi, masalah pencernaan, ginjal atau penyakit jantung, harus menghindari menggunakan air garam dan membersihkan usus besar.

Baiknya, sebelum mencoba membersihkan usus besar, seseorang harus berkonsultasi dengan dokter mereka untuk memeriksa keamanan dalam setiap kasus.



Selain sebagai media informasi kesehatan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Posting Komentar

0Komentar

Please Select Embedded Mode To show the Comment System.*